Senin, 27 Februari 2012

Trwilan Pertama Dana Bos Sudah Dicairkan

Tobelo - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan pertama tahun 2012 baik sekolah SD dan SMP di Halmahera Utara telah dicairkan. Pencairan Dana BOS tersebut terdiri dari SD/SDLB dengan 26.000 siswa/i sebesar Rp. 15.263.280.000 dan SMP/SMPLB/SMPT dengan 10.336 siswa sebesar Rp 7.338.560.000. “Iya untuk triwulan pertama, Dana BOS telah dicairkan dan disetor langsung dari Propinsi ke rekening setiap sekolah masing-masing baik SD maupun SMP”, kata Kabid Pendidikan Umum Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispenpora), Dalton Sero, SPd, MSi, diruang kerjanya, Rabu kemarin.
Dalton menjelaskan, dalam pengelolaan dana Bos telah diatur sesuai Permendikbud 51 tahun 2011 tentang pengelolaan BOS dan Pengunaan BOS di setiap sekolah. Dalton menambahkan, sosialisasi dana BOS tersebut telah dilakukan Dinasnya ke masing-masing sekolah. “ Kita telah melakukan sosialisasi di setiap sekolah. namun kita belum memiliki acuan terkait pembiayaan di sekolah”, ujar Dalton.
Pembiayaan dana BOS tergantung RKAS (Rencana Kerja Anggaran Sekolah). selain itu harus mengikuti 8 standar yang terdiri dari standar isi, standar proses, penyerapan biaya, dan lainnya sesuai dengan ketentuan Permendagri.
Dalton juga mengatakan, Dinasnya juga belum bisa menghitung secara detail akan kebutuhan sekolah. Namun, Dalton berharap, dana BOS dari setiap sekolah ketika digunakan harus mengacuh sesuai dengan RKAS. Selain itu, Dalton berharap, apa yang dilakukan sekolah untuk penggunaan dana BOS ini harus sesuai dengan petunjuk sesuai aturan. “Setiap pengelolaan dana BOS harus mengacuh pada 8 standar pendidikan. Jika tidak mengikuti aturan dan ditemukan temuan berarti itu tanggungjawab sekolah”, ucap Dalton. (Fr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar