Rabu, 17 Agustus 2011

2012, Sumbang Mesin Olah Kelapa

Tobelo, Monitor – Setelah melakukan kunjungan ke Kabupaten Morotai, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmi Faishal Zaini, juga mengunjungi Kabupaten Halmahera Utara. Penyambutannya langsung dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara beserta unsure muspida lainnya di Pelabuhan Tobelo yang diiringi dengan pengalungan bunga dan tarian cakalele, Selasa (10/08) kemarin. Kunjungan Menteri PDT tersebut didampingi wagub Malut, KH. Abdul Gani Kasuba
Dalam kunjungan ke SD Naskat Bintang Timur, Helmi berharap, pendidikan dan kesehatan maupun hal-hal lain yang berakitan dengan itu perlu dikembangkan lagi. “Pendidikan dan kesehatan setelah lihat di Kabupaten Morotai dan Kabupaten Halmahera Utara masih kurang sehingga ini menjadi prioritas dari Kementrian PDT”, kata menteri berumur 38 tahun itu.
Terkait bantuan pendidikan dan kesehatan nantinya Helmi mengetakan akan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing kabupaten. “Bantuan untuk pendidikan dan kesehatan serta lainnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Saya lihat dengan potensi yang ada, potensi halut cuku besar sehingga perlu diperhatikan itu”, kata Helmi.
Helmi juga berharap agar keterlibatan semakin marak lagi dari setiap pihak baik pihak swasta untuk bisa mensukseskan program pemerintah ini. “Saya harap keterlibatan pihak swasta semakin marak lagi”, pintanya.
Kepada sejumlah wartawan Bupati Halut, Ir. Hein Namotemo, MSP mengatakan berterima kasih dengan bantuan baik pendidikan dan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah pusat lewat kementrian PDT selama empat tahun terakhir ini. “Kita bersyukur dengan dorongan dari Kementrian PDT baik pendidikan dan kesehatan”, ucap Hein.
Sementara itu, Helmi ketika memberikan sambutan di Desa Kali Pitu, Tobelo Tengah mengatakan Helmi berharap Halut kedepan Halut kedepan mudah-mudahan dapat menjadi daerah unggulan. Sebab, halut sendiri memiliki potensi yang sungguh luar biasa. Halut , kata Helmi memilki komoditi andalan yakni kelapa yang perlu di kembangkan. Di tahun depan akan disumbangkan mesin pengola kelapa. “Komoditi di Halut seperti kelapa misalnya perlu dikembangkan. Tahun depan kita akan membantu mesin pengolah kelapa”, kata Helmi. Setelah membawakan sambutannya, Menteri PDT kemudian memberikan bantuan satu unit mobil kemudian meresmikan sumber air bersih di desa Kali Pitu itu.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar