Rabu, 17 Agustus 2011

Halut Perlu Tambahan Kuota Mitan Bersubsidi



Tobelo – Kebutuhan minyak tanah (mitan) di Kabupaten Halmahera Utara masih saja belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Itu dikarenakan masih saja ada keluhan terkait mitan bersubsidi yang diberikan ke masing-masing keluarga masih jauh dari kebutuhannya. “Meski so dapa mitan tapi itu masih saja kurang”, demikian dikatakan, Rian, salah satu warga desa Daeo kecamatan Tobelo.
Rian mengatakan, dirinya ketika membeli mitan ke pangkalan yang ada di desa MKCM, 5 liter tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Terpaksa walaupun mitan yang dijual di tempat lain seharga 8.000/ltr harus dibelinya. “di pangkalan mitan subsidi kita hanya dapat 5 liter. Itu tara cukup. Terpaksa biar mitan yang di jual di tampa lain dia pe harga 8 ribu tetap tong beli. Deng tong minta bila perlu pemkab minta tambahan kuota mitan”, ujar dia.
Pantauan Monitor, rata-rata kebutuhan masyarakat terkait mitan ini masih saja belum bias terpenuhi secara merata. Di desa-desa yang berada di pesisir misalnya pangkalan yang berada disana meski telah ada tetapi masih saja belum bias menjawab kebutuhan mereka. Meski banyak masyarakat yang menggunakan kayu tetapi mitan tetap saja diperlukan untuk kebutuhan lainnya.
Sementara itu, Kadepot Pertamin Tobelo E.S. Luntungan belum lama ini mengatakan kuota mitan bersubsidi sampai sekarang belum ada penambahan. Sehingga untuk menjawab kebutuhan masyarakat kita masih menggunakan dengan cara pengurangan dari setiap pangkalan yang kelebihan mitan. “kita belum ada penambahan kuota mitan jasi sementara kita mengambil dari pangkalan yang kelebihan mitan”, katanya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar